1.      Buka Netbeans dan buat project baru dengan nama kelas3, lalu buat package baru dengan nama GUI, setelah itu klik kanan pada package, pilih new > Jframe Form dan beri nama Aritmatika.

2.      Disini kita fokus ke Palette, Properties dan Source. Palette adalah window yang kita gunakan untuk membuat GUI, Properties digunakan untuk mengubah tampilan warna, nama, dan atribut lainnya. Source seperti namanya ialah source code dari program yang sedang dibuat.

3.      Langkah selanjutnya ialah kita Drag & Drop Label, TextField, dan Button dari Palette hingga tampilannya menjadi seperti berikut ini

4.      Lalu ubah semua teksnya dengan cara klik kanan, pilih Edit Text menjadi seperti berikut ini

Palette

Edit Text

Variabel Name

jLabel1

Aritmatika

-

jLabel2

+

-

jLabel3

=

-

jTextField1

-

txtBil1

jTextField2

-

txtBil2

jTextField3

-

txtJumlah

jButton1

Hitung

-

Hingga tampilannya berubah menjadi seperti berikut ini

5.      Setelah itu pilih tab Source seperti gambar pada point ke 2 di atas. Kita deklarasikan variabel-variabel yang kita butuhkan untuk proses aritmatika untuk penjumlahan seperti gambar di bawah ini

double bil1, bil2, jml;

Untuk diperhatikan disini, penamaan variabel ini berbeda dengan penamaan Variable Name pada point 4. Dibedakan besar kecilnya huruf, jika sama akan terjadi error.

6.      Lalu kita kembali ke tab Design, double-click pada tombol Hitung, maka akan diarahkan pada Source tombol Hitung. Disini kita taruh perintah untuk menghitung.

Masukkan codingan berikut ini

7.      Jika sudah, kita bisa langsung jalankan program dengan cara menekan tombol kombinasi Shift+F6 dan masukkan angka yang ingin kita jumlah, maka hasilnya seperti gambar berikut ini

Penjelasan kodingan

· Pada baris ke 17, kita mendeklarasikan variabel-variabel yang dibutuhkan dalam perhitungan penjumlahan ini, dalam hal ini ada 2 bilangan yang kita akan jumlahkan, bilangan pertama kita beri nama variabel bil1, bilangan kedua kita beri nama variabel bil2, dan untuk hasil penjumlahan kita simpan di variabel jml. Semuanya bertipe data Double, sehingga kita bisa menjumlahkan bilangan pecahan.

·   Pada baris ke 110, bilangan yang kita masukkan di dalam txtBil1 disimpan pada variabel bil1 menggunakan method getText()

·  Pada baris ke 111, bilangan yang kita masukkan di dalam txtBil2 disimpan pada variabel bil2 menggunakan method getText() juga.

·  Pada baris ke 112, sudah jelas itu adalah rumus yang digunakan dalam penjumlahan.

· Pada baris ke 113, kita menampilkan hasil penjumlahan yang disimpan di variabel jml ke dalam textField yang sudah kita beri nama txtJumlah dengan menggunakan method setText()

Sampai disini kita telah menyelesaikan aritmatika untuk penjumlahan, selanjutnya untuk pengurangan, perkalian, pembagian dan modulus bisa dibaca disini (Membuat Program Perhitungan Aritmatika di Java (2/2)).

Post a Comment

Previous Post Next Post