Okay kali ini kita mau upload file html yang sudah kita buat ke hosting, karna kita masih belajar, jadi kita pakai hosting yang gratis dulu.

Untuk link hosting gratisnya kita bisa buka di

id.000.webhost.com


Klik Daftar, disini kita bisa daftar dengan akun facebook atau google, pilih akunnya. Setelah itu kita tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.



Pilih yang mempelajari Pengembangan Web, lalu lanjutkan. Nah setelah itu disini kita diminta untuk mengisi nama website,



Ini akan menjadi alamat web yang nanti kita akses dari address bar. Untuk contoh, kita isi dengan nama BelajarWebstatisKB2, kalau sudah klik Kirim.

Lalu kita diberi 3 pilihan, Buat website bawaan dari webhost, Instal WordPress atau Upload file web yang sudah kita buat..

Karna kita sudah buat, jadi pilih yang upload your site.



Nah, setelah itu ada folder public_html. Di dalam folder inilah tempat kita uppload semua file web yang sudah dibuat, dari mulai file html, css, javascript, sampai folder tempat kita menyimpan gambar. 



Double click untuk membukanya, dan klik Upload Files di pojok kanan atas, block semua file yang mau kita upload, lalu klik Upload. Setelah itu kita buat folder untuk menyimpan file foto, klik new folder, beri nama image, double klik untuk membuka foldernya dan pilih Upload Files, block foto-foto yang kita butuhkan, dan klik upload. Tunggu sampai semua filenya terupload.

Lalu buat folder baru lagi untuk menyimpan icon / logo dari sosial media, langkahnya sama seperti tadi, klik new folder, beri nama sosial media, double click, lalu drag & drop file yang kita butuhkan.

Setelah itu kita kembali ke halaman awal dari webhost, klik sign in lagi, dan website kita sudah bisa diakses dengan domain belajarwebstatiskb2.000webhostapp.com


sampai disini kita telah selesai mengupload web yang sudah kita buat ke hosting gratis. 


Post a Comment

Previous Post Next Post